Categories
Uncategorized

KINEMASTER

Menghasilkan karya video yang bagus dan profesional ini bisa dilakukan oleh siapa saja. Mereka bisa dengan mudah menghasilkan video bagus menggunakan sebuah aplikasi, salah satunya kinemaster. Kinemaster sendiri merupakan sebuah aplikasi edit video yang menghadirkan banyak fitur.  Kinemaster memiliki fitur yang dapat membantu anda dalam memotong video. Menggabungkan gambar dengan video, menambahkan berbagai efek dan masih banyak lainnya.  

Cara menggunakan kinemaster

Kinemaster sebenarnya cukup mudah untuk digunakan bagi siapa pun. Karena anda tidak perlu memiliki skill mengedit video. Sebab kinemaster ini menghadirkan menu edit yang mudah dipahami oleh pemula. Untuk membantu lebih memahami penggunaan kinemaster, simak beberapa langkah berikut ini:

  • Persiapkan konsep dan bahan yang akan anda buat

Langkah awal yang harus anda lakukan adalah mempersiapkan konsep dan bahan. Karena jika anda ingin membuat video promosi ataupun iklan. Anda harus benar-benar mempersiapkan konsep dengan matang. Tetapi jika anda hanya ingin membuat video untuk hiburan, anda tidak perlu terfokus pada konsep. Anda hanya perlu mengumpulkan cuplikan-cuplikan gambar, lagu maupun video yang akan anda buat. 

  • Cari dan instal kinemaster

Untuk anda pengguna baru kinemaster, anda biasa instal kinemaster melalui google play store. Apabila anda menggunakan kinemaster pada iOS anda bisa mencari aplikasi kinemaster pada apple app store. Kemudian jika aplikasi sudah terinstal, tinggal klik open untuk membuka aplikasi.

  • Buat project dan pilih aspek rasio

langkah selanjutnya klik tombol di tengah untuk membuat proyek baru. Kemudian anda akan diberikan 3 pilihan aspect ratio. Jika anda ingin membuat video untuk youtube anda bisa gunakan rasio 16: 9. Jika ingin membuat video untuk story Instagram ataupun wa anda bisa gunakan rasio 9:16. Dan rasio 1:1 cocok untuk diunggah di feed Instagram.  

  • Pilih media yang diedit

Sebaiknya simpan semua bahan atau media dalam satu folder supaya mudah ditemukan.  Jika sudah anda tinggal memasukkan folder tersebut ke proyek anda.  jika ingin memasukkan latar belakang sebagai intro. Anda tinggal klik background dan pilihlah salah satu latar belakang yang anda inginkan. 

  • Tambahkan layer berupa efek, teks, dan sebagainya

Untuk menyisipkan layer seperti efek blur, teks, tulisan tangan,stiker dan juga lahu. Anda tinggal klik tombol layer dan berbagai pilihan akan muncul. 

Untuk menambahkan teks tab menu text lalu ketik tulisan yang ingin anda buat. Kemudian klik ok maka tulisan akan masuk ke lembaran proyek. Anda bisa mengubah jenis font ataupun mengedit tulisan sesuai keinginan anda. 

Untuk menambahkan efek, anda tap pada menu layer lalu pilih efek. Terdapat dua pilihan efek dan anda bisa pilih salah satu efek. Lalu tekan tombol ceklis untuk mengonfirmasi pilihan. 

Untuk menambahkan audio, anda tinggal memilih menu audio. Tap sekali pada lagu untuk memutar preview-nya. Lalu tap simbol plus(+) untuk memasukkan lagu ke lembar proyek. 

  • Export dan share

Jika anda sudah selesai melakukan pengeditan video. Selanjutnya bisa melakukan finishing up dengan mengekspor dan membagikan video tersebut ke youtube maupun sosial media lainnya.  Caranya dengan klik simbol ekspor tentukan resolusi dan frame rate video. Jika anda sudah mensinkronisasikan kinerja ponsel dengan kinemaster, akan muncul opsi ekspor pada 60 FPS. Pilihlah resolusi, frame rate, dan bitrate sesuai keinginan anda dan tinggal tap export. Tunggu sampai proses selesai, lalu tap tombol share untuk mengunggah kemudian tap upload. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *