Categories
Uncategorized

CARA MENGATASI MAAG YANG SERING KITA ALAMI

CARA MENGATASI MAAG YANG SERING KITA ALAMI

Maag adalah gejala penyakit yang berupa rasa nyeri pada perut dan juga panas pada lambung. Maag bisa terjadi karena beberapa faktor. Penyakit maag tentu saja sangat mengganggu aktivitas yang kita lakukan. Apalagi jika maag tersebut kambuh pasti sangat mengganggu. Namun tahukah kamu penyakit ini tentu saja harus kita atasi sebab jika dibiarkan akan menyebabkan penyakit kronis dan sulit untuk disembuhkan. Maka dari itu kita harus menjaga pola makan agar bisa mendapatkan tubuh yang sehat dan juga terhindar dari penyakit. Kita bisa mengetahui bahwa kita memiliki maag jika sering merasakan gejala-gejala seperti muntah, sulit menelan, nyeri ulu hati dan juga berat badan turun secara tiba-tiba. Maag tentu saja dapat dialami oleh siapa saja.

Beberapa Cara Mengatasi Maag Agar Tidak Kambuh

Maag banyak dialami oleh banyak orang. Maag dapat disebabkan karena kebiasaan makan yang cepat dan juga terlalu banyak. Faktor lain adalah karena terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas atau berlemak. Tentu saja hal ini sangat tidak sehat untuk tubuh kita. Bahkan bisa menyebabkan datangnya penyakit lainnya. Namun kamu tidak perlu khawatir lagi sebab penyakit ini bisa kamu atasi dengan cara sebagai berikut:

  • Makan dengan porsi sedikit tapi sering

Mungkin cara ini aneh untuk kita. Namun penyakit maag dapat sembuh jika kita melakukan hal ini. Caranya kamu hanya perlu menyiapkan makanan dalam porsi yang sedikit namun dan memakannya dengan pelan-pelan. Hal ini agar makanan tersebut bisa terkunyah dan sudah lembut saat masuk ke dalam lambung. Hal ini tentu saja akan mengurangi nafsu makan kamu dan perlahan-lahan kamu akan terbiasa. 

  • Setelah makan jangan tidur

Rebahan sama saja dengan tidur, tentu saja hal ini tidak disarankan saat baru saja selesai makan. Sebab tidur setelah makan dapat menimbulkan kambuh nya maag. Tentu saja kamu harus menghindari hal ini.Kamu bisa memberi jeda 2 sampai 3 jam setelah makan untuk tidur. Sebab agar tubuh bisa mencerna makanan dengan baik. Dalam 2 jam tersebut tentu saja kamu bisa melakukan aktivitas lain seperti duduk melakukan pekerjaan rumah atau bergerak ringan seperti berjalan. Tidur setelah makan juga bisa menyebabkan gula darah di dalam tubuh naik dan menyebabkan obesitas. 

  • Batasi mengkonsumsi makanan pedas, asam dan berlemak

Tentu saja makanan memiliki beragam jenis. Nah, untuk kamu yang menyukai makanan pedas, asam maupun berlemak sebaiknya kamu mulai kurangi. Sebab hal tersebut dapat memicu adanya maag kambuh. Walaupun kamu tidak memiliki penyakit maag namun kamu bisa sakit maag jika terlalu banyak memakan makanan tersebut. Dengan begitu kita harus lebih banyak memakan makanan sehat seperti sayur dan juga buah. Tidak hanya itu, makanan tersebut juga dapat memicu adanya penyakit lain seperti kolesterol tinggi, obesitas dan lain-lain. 

  • Istirahat yang cukup

Beristirahat memanglah sangat penting untuk kesehatan tubuh. Sebab istirahat dapat menenangkan tubuh kita dari stress dan juga lelahnya beraktivitas. Jika kita tidak memiliki cukup waktu untuk beristirahat tentu saja akan memicu adanya penyakit maag. Tidak hanya itu, sebaiknya tidur selama 7 sampai 8 jam per hari agar tubuh bisa mengumpulkan energi yang cukup untuk melakukan aktivitas di siang hari. Cara ini tentu sangat ampuh untuk kita yang juga memiliki penyakit maag. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *