Categories
Uncategorized

CARA MEMBUAT SLIME

Slime merupakan mainan yang berbentuk seperti lendir yang sedikit kental dari bahan baku lem dan campuran activator kimia lainnya. Umumnya slime digunakan sebagai pembersih partikel partikel yang susah dibersihkan. cara menggunakan hanya dengan menempelkan slime ke permukaan benda yang akan dibersihkan lalu angkat. Tetapi saat ini slime sudah berkembang menjadi mainan untuk anak anak. Karena saking banyaknya anak anak yang menggunakan slime, membuat bahan dasar slime yang awalnya kebanyakan dari bahan kimia diusahakan untuk menguranginya. Manfaat bermain slime itu banyak, bisa untuk mainan di waktu sedang stress, hilangkan jenuh dan juga membuat kita lebih kreatif. Saat ini slime sudah sangat berkembang dengan berbagai bahan bahan yang membuat slime tersebut tampak lebih unik dan menarik. Ada slime yang memiliki perpaduan warna pastel yang netral ada juga slime yang berwarna menyala. Apalagi slime yang ditambahkan dengan berbagai macam pernak Pernik untuk membuat slime menjadi lebih cantik. 

Cara membuat slime

Banyak sekali bahan bahan yang dapat dibuat menjadi slime seperti boraks, lem fox, lem povinal, sabun, shampoo, sabun cuci piring bahkan susu cair. Wah banyak sekali ya, dan semua bahan tersebut bisa dengan mudah kita dapatkan di supermarket atau minimarket terdekat dengan harga yang tidak terlalu mahal. Nah, untuk lebih jelasnya dibawah ini cara membuat slime menggunakan bahan bahan diatas:

  • Slime dengan lem fox putih

Yang pertama adalah menggunakan lem fox berwarna putih, bahan bahannya adalah lem fox, secukupnya air, obat tetes mata, baking powder, baby oil, sabun cair, dan pewarna makanan. Caranya hanya dengan mencampurkan sebuah bahan di dalam wadah, pertama tuang lem fox putih, air, serta baking powder kedalam wadah lalu aduk. Jika sudah tercampur teteskan beberapa tetes obat tetes mata, sabun cair, kedalam wadah lalu aduk hingga mencapai tekstur yang diinginkan. Jika sudah kenyal tambahkan pewarna sesuka kalian aduk lagi dan teteskan baby oil. Setelah itu pindahkan kedalam wadah yang bersih dan mainkan sesuka hati.

  • Slime dari sabun

Bahan bahan yang dibutuhkan adalah deterjen bubuk, air secukupnya, tepung terigu, sabun cuci piring, sabun mandi, pewarna makanan. Caranya sama seperti yang pertama yaitu hanya dengan mencampurkan deterjen bubuk, tepung terigu, cairan sabun cuci piring, dan sabun mandi kedalam wadah lalu aduk hingga merata. Setelah itu tuangkan air secukupnya dan aduk dengan mengatur tekstur kekentalan slime, jika sudah seperti yang diinginkan tuang pewarna kedalamnya. Slime siap dimainkan. 

  • Slime dari tepung kanji

Tepung kanji bukan hanya menjadi bahan masakan tetapi juga dapat digunakan sebagai bahan membuat slime. Bahan bahannya hanya air, tepung kanji, minyak goreng, dan pewarna makanan. Caranya cukup masukkan tepung kedalam wadah lalu uleni dengan menuangkan air sedikit demi sedikit kedalam adonan hingga menggumpal, tambahkan minyak sayur hingga adonan berubah menjadi lebih Kenyal, setelah itu tambahkan pewarna secukupnya dan slime siap untuk dimainkan. Nah itulah beberapa cara membuat slime dengan bahan bahan yang mudah dicari, pada dasarnya slime berwarna putih pucat sehingga membutuhkan warna warna serta pernak Pernik untuk mempercantik slime. Karena slime mengandung bahan dasar kimia yang cukup tinggi alangkah baiknya setelah memainkan slime mencuci tangan hingga bersih untuk menjaga kesterilan tangan, agar tidak memerah dan gatal. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *